5 Daftar Vitamin untuk Orang Tua agar Tidak Mudah Sakit

5 Daftar Vitamin untuk Orang Tua agar Tidak Mudah Sakit

Sebagian besar alasan orang lanjut usia (lansia) mengonsumsi suplemen secara rutin adalah untuk memperlambat proses penuaan, menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, atau mencegah malnutrisi. Lantas ada saja vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit? Simak daftarnya di bawah ini.

 

1. Vitamin D

 

Lansia yang kurang gerak memiliki resiko terkena paparan sinar matahari yang lebih rendah, yang dapat menyebabkan kekurangan vitamin D. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit tersebut.

Suplemen ini baik untuk orang tua, tapi periksakan dulu ke dokter untuk menentukan dosis yang tepat. Ini karena residu vitamin D tidak bisa dikeluarkan melalui urin, tetapi menumpuk di dalam tubuh. Dosis yang umumnya dianjurkan adalah 10 mikrogram sehari.

Vitamin D diperoleh secara alami dengan makan dan terkena sinar matahari di pagi hari (antara jam 7 pagi dan 8 pagi) selama 10-15 menit. Para lansia juga bisa mendapatkan cukup vitamin D dari makanan seperti susu dan yogurt. Nutrisi ini dibutuhkan untuk: menjaga kepadatan tulang, mempertahankan massa otot, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

2. Kalsium

 

Sumber kalsium terbaik berasal dari makanan seperti susu dan berbagai olahannya, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan ikan. Nutrisi ini berperan dalam: mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, mendukung kontraksi otot jantung dan juga membantu dalam proses pembekuan darah.

Kekurangan kalsium pada lansia menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Namun suplemen kalsium untuk lansia hanya dibutuhkan bila asupan kalsium tidak dapat dipenuhi dari makanan. Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen tambahan ini. Sebab mengonsumsi suplemen kalsium bisa menyebabkan diare pada sebagian orang.

 

3. Vitamin B12

 

Vitamin B12 merupakan salah satu jenis vitamin yang baik untuk lansia dengan mekanisme yang agak rumit. Agar dapat diserap dengan baik oleh usus, vitamin B12 pertama-tama harus diikat oleh zat yang disekresikan oleh lambung.

Pada orang lanjut usia dengan gangguan pencernaan (terutama pada lambung dan usus), penyerapan vitamin B12 dapat terganggu. Sehingga tubuh kekurangan vitamin B12 dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti: kesemutan, anemia, gangguan saraf, dan juga iritasi lidah.

Salah satu sumber vitamin B12 terbaik adalah daging. Jika lansia masih bisa mengunyah daging dengan baik dan tidak mengalami gangguan pencernaan, maka suplemen vitamin B12 tidak diperlukan.

 

4. Vitamin B6

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup dalam tubuh dapat membantu menjaga daya ingat pada lansia. Semoga dengan mengkonsumsi vitamin B6 yang cukup dapat membantu para lansia terhindar dari penuaan.

Tentunya harus dibarengi dengan berbagai aktivitas sehari-hari yang bisa melatih otak. Selain suplemen, vitamin B6 alami bisa didapatkan dari makanan seperti hati, salmon, tuna, mackerel, dan sarden.

 

5. Magnesium

 

Selain kalsium dan vitamin D, magnesium juga penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, yang tentunya bisa menjadi lebih rapuh di masa tua. Magnesium juga berperan dalam menstabilkan kadar gula pada aliran darah.

Ini penting untuk lansia yang sering mengalami peningkatan kadar gula darah, terutama orang dewasa yang lebih tua dengan diabetes. Suplemen magnesium adalah multivitamin yang baik untuk orang tua. Selain sebagai pelengkap, magnesium bisa didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Itu dia 5 vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit. Selain itu ada vitamin C, E dan A yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan imunitas yang bagus, akan mengurangi resiko berbagai penyakit.