Kesehatan

5 Gejala Umum Anda Mengalami Penyakit Asbestosis

Gejala Umum Anda Mengalami Penyakit Asbestosis

Asbes adalah mineral yang ditemukan secara alami di bebatuan dan tanah. Sampai tahun 1970-an, ketika ditemukan bahwa asbes meningkatkan risiko penyakit paru-paru, asbes banyak digunakan di banyak industri. Misalnya, asbes digunakan untuk tahan api drywall, mengisolasi pipa, dan memperkuat semen. Orang yang bekerja atau terbiasa bekerja di sekitar asbes berisiko terkena penyakit paru-paru yang berhubungan dengan asbes. Gejala umum asbestosis yang dialami oleh penderitanya juga berbeda – beda.

Serat asbes sangat tipis dan bisa lepas ke udara. Ketika Anda bernapas, mereka bisa tersangkut jauh di paru-paru Anda. Serat tetap berada di jaringan paru-paru Anda untuk waktu yang lama dan dapat menyebabkan jaringan parut dan peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit paru yang berhubungan dengan asbes dan masalah paru-paru, termasuk :

– Asbestosis, di mana jaringan paru-paru menjadi bekas luka

– Kanker paru-paru

– Mesothelioma, yaitu kanker jaringan di sekitar paru-paru

– Efusi pleura, sejenis radang selaput dada

– Plak pleura, yang merupakan struktur keras di sekitar paru-paru dan diafragma

– Penebalan jaringan di sekitar paru-paru

Tanda dan gejala penyakit asbestosis yang berhubungan dengan asbes bervariasi tergantung pada jenis penyakit yang Anda miliki dan berapa banyak yang telah merusak paru-paru Anda. Anda mungkin mengalami sesak napas atau batuk kronis. Mungkin perlu 10 hingga 40 tahun atau lebih setelah paparan asbes untuk tanda-tanda atau gejala muncul. Dokter akan mendiagnosis penyakit paru-paru yang berhubungan dengan asbes berdasarkan paparan asbes Anda di masa lalu, gejala Anda, pemeriksaan fisik, dan hasil tes seperti rontgen dada atau CT scan dada.

Seringkali sulit untuk mengidentifikasi apakah suatu bisnis atau tempat kerja berisiko terhadap asbes karena gejala penyakit terkait asbes sering tidak bermanifestasi selama beberapa tahun, atau bahkan beberapa dekade. Inilah sebabnya mengapa penting bagi bisnis atau perusahaan untuk mencari bantuan dari konsultan OSHCR terdaftar yang berspesialisasi dalam asbes untuk melindungi karyawan dari kondisi yang berpotensi mengancam jiwa.

Berikut adalah 5 gejala umum asbestosis sebagai tanda peringatan bahwa Anda mungkin menunjukkan tanda-tanda penyakit yang berhubungan dengan asbes :

1 Sesak Nafas

Jika Anda memiliki serat asbes yang terhirup, mereka dapat menyebabkan jaringan parut terbentuk di paru-paru Anda yang dikenal sebagai asbestosis. Jaringan parut ini dapat mempersulit bernafas dan sesak napas dapat menjadi salah satu tanda pertama dari penyakit yang berhubungan dengan asbes.

  1. Ujung jari yang bengkak

Tanda asbestosis adalah ujung jari yang membengkak, pada sekitar setengah dari kasus. Juga dikenal sebagai clubbing, pembengkakan di ujung jari, ketika ujung jari tampak lebih luas dan bulat, adalah gejala umum dari jenis kondisi yang berhubungan dengan asbes.

  1. Kelelahan

Kelelahan yang ekstrem dapat menjadi tanda dari kondisi yang berhubungan dengan asbes dan ketika dikombinasikan dengan gejala umum lainnya, seperti sesak napas dan ujung jari yang membengkak, dapat menjadi indikasi penyakit terkait asbes, seperti mesothelioma atau kanker paru-paru.

  1. Mengi

Mengi disebabkan karena ada peradangan di paru-paru dan sering menyebabkan suara siulan, terutama saat menarik napas dalam-dalam. Dalam kondisi yang terkait asbes, bagi mereka yang tidak merokok, mengi bisa menjadi penyebab kekhawatiran dan mungkin mengindikasikan bahwa Anda telah terpapar asbes.

  1. Batuk Kering yang Persisten

Karena efek asbes dapat tetap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun setelah paparan, batuk terus-menerus dapat menjadi indikasi kemungkinan kondisi terkait asbes. Bahkan 40 tahun setelah kontak awal, pasien dapat mengalami batuk persisten karena pembentukan jaringan parut di paru-paru seiring waktu. Anda bekerja di suatu perusahaan yang berkaitan dengan asbes, mungkin ada baiknya Anda mencari cara untuk melindungi diri dari paparan asbes. Cara sederhana seperti menggunakan masker, adalah upaya yang tepat sebelum Anda mengalami salah satu gejela umum asbestosis.

Sumber :

www.oshcr.org

www.nhlbi.nih.gov