Parenting

5 Tips Anak Susah Makan agar Si Kecil Tidak Kelaparan

5 Tips Anak Susah Makan agar Si Kecil Tidak Kelaparan

Anak-anak yang tidak mau makan atau susah makan sering menjadi tantangan yang dihadapi oleh orang tua. Sedangkan, di masa pertumbuhan, kebutuhan nutrisi harus tetap terjaga. Ketika seorang anak mengalami kesulitan makan, ia mungkin bosan makan atau mempunyai keluhan lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut 5 tips anak susah makan yang bisa Anda coba.

1. Variasikan Menu dan Perhatikan Makanan Kesukaan Anak

Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun sering bosan dengan makanan yang sering mereka makan. Oleh karena itu, mengubah menu, memperhatikan konsistensi makanan sesuai usia, dan menyediakan jenis makanan alternatif bisa menjadi salah satu cara mengatasi kesulitan makan pada anak.

Selain mengubah menu makanan setiap hari, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan apa menu makanan favorit anak Anda. Ketika Anda sudah mengetahui menu makanan favorit anak Anda, menu tersebut bisa Anda jadikan menu utama ketika anak Anda susah makan.

2. Puji Anak Saat Berhasil Menghabiskan Makanannya

Anak-anak yang mengalami kesulitan makan biasanya jarang menghabiskan makanan mereka. Akan lebih baik jika Anda tetap bersabar dan tidak memaksa anak untuk menghabiskannya. Ketika itu terjadi, Anda dapat memuji anak Anda dan terus memotivasinya untuk menghabiskan makanannya pada saat makan berikutnya.

Memuji seorang anak yang susah makan ketika berhasil menghabiskan makanan mereka mungkin bisa disebut hal sepele bagi orang tua. Tetapi hal tersebut sangat penting bagi anak-anak untuk merasa bahwa mereka telah melakukan hal-hal yang baik dan membuat orang tuanya bangga dengan apa yang mereka lakukan.

3. Beri Pengertian dan Jangan Membandingkan dengan Anak Lain

Tidak baik membandingkan anak yang susah makan dengan anak lain. Tidak hanya dalam hal makan, dalam hal apapun kebiasaan ini harus ditinggalkan, karena akan berdampak buruk untuk perkembangan kepribadian anak. Anda dapat menjelaskan kepada anak dan memberi pengertian tentang pentingnya makanan dalam memenuhi kebutuhan energi selama beraktivitas.

4. Sajikan Makanan dengan Tampilan Menarik

Jika Anda selalu terbiasa memberi anak-anak Anda makanan yang terlihat normal, sekarang cobalah cara lain untuk menyajikan makanan dengan tampilan yang lebih menarik. Misalnya, beri anak Anda piring makanan yang tampak menarik dengan menuangkan nasi dengan bentuk wajah dan kemudian menggunakan lauk dan sayur sebagai pemanis.

5. Jadilah Panutan yang Baik

Memberi contoh yang baik untuk anak-anak Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Anak-anak adalah peniru yang handal. Jadi, sebelum meminta anak Anda mencoba makanan baru atau menyelesaikan apa yang Anda sajikan, berikan contoh dan katakan bahwa makanan tersebut tidak kalah enak dengan makanan kesukaannya.

Selain menggunakan 5 tips anak susah makan diatas. Cara lain untuk meningkatkan nafsu makan anak yang susah untuk menghabiskan makanannya adalah dengan memberikan susu bebelac yang mengandung minyak ikan. Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak Anda, sehingga kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan akan tetap terjaga.