Kesehatan

Awas! Hal Ini Bisa Picu Infeksi Jamur Kulit!

Awas! Hal Ini Bisa Picu Infeksi Jamur Kulit!

Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya infeksi jamur kulit. Baik karena faktor lingkungan, bersentuhan dengan sumber penyakit, hingga gaya hidup dan kebiasaan buruk yang tak sengaja menyebabkan jamur kulit. Kulit gatal adalah masalah yang tentunya pernah dialami oleh semua orang, termasuk juga Anda. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk disebabkan karena infeksi jamur.

Jamur kulit merupakan peradangan yang terjadi pada kulit tubuh. Hal ini utamanya disebabkan oleh jamur kulit seperti dari jenis Trichophyton, Micosporum, ataupun Epidermophyton. Infeksi jamur bukan hanya mengakibatkan rasa gatal yang sangat mengganggu, bahkan bisa menyebabkan ruam, kulit meradang dan menjadi kering. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya terkena infeksi jamur akibat ulahnya sendiri karena tidak menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik. Berikut ini sejumlah kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan yang bisa menyebabkan jamur kulit.

  • Jarang mandi

Tidak mandi karena alasan lelah sepulang berkegiatan sudah pasti tidak sehat. Namun, kenyataannya banyak yang ustru melewatkan mandi karena merasa tubuh masih cukup bersih. Tanpa Anda sadari bahwa sebenarnya kuman tetap menempel di kulit tubuh walau Anda merasa tidak berkeringat. Mandi sangat penting untuk membilas sel-sel kulit mati yang menjadi makanan favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak yang akan terus menumpuk kalau Anda jarang mandi.

  • Mengenakan pakaian atau celanan ketat

Pakaian atau celana ketat saat ini menjadi salah satu gaya fashion yang modis dan banyak disukai. Namun siapa sangka jika busana ketat justru bisa menyebabkan infeksi jamur kulit. Pakaian ketat akan membuat kulit kesulitan untuk bernafas karena sirkulasi yang terhalang justru bisa memicu kehadiran jamur.

  • Malas mengganti pakaian

Pakaian yang terkena keringat bukan saja menyebabkan badan berbau, namun juga menimbulkan gatal. Karena itulah segera ganti pakaian dengan yang kering dan bersih saat tubuh berkeringat. Begitu juga dengan kaki yang mudah berkeringat. Ganti kaos kaki Anda agar tidak memicu terjadinya infeksi jamur kulit.

Hindari kebiasaan buruk di atas agar terhindari dari infeksi jamur kulit. Cara mengatasi infeksi jamur kulit bisa menggunakan obat jamur untuk kulit yang banyak dijual di apotik. Pilih obat salep yang mengandung bahan ketoconazole yang ampuh dalam mengatasi pertumbuhan jamur.