Others

Kenali Apa Itu Kopi Espresso dan Jenis Olahannya

Kenali Apa Itu Kopi Espresso dan Jenis Olahannya

Sebagaian dari Anda pasti tidak asing lagi dengan kopi espresso. Pasalnya, Anda bisa mengonsumsi itu pada cafe tempat biasa Anda menghabiskan waktu. Namun, tahukah Anda bahwasannya dari mana asal espresso dan seperti apa saja varian olahannya? Berikut ini ada beberapa informasi yang sayang Anda lewatkan.

Pengertian

Nama espresso berasal dari bahasa Italia yang dipakai pertama kali pada tahun 1990-an. Arti dari kata espresso sendiri adalah cepat. Oleh karena itu, hasil kopi ini disajikan dengan segera kepada penikmatnya. Biasanya tanpa ada tambahan gula layaknya gula pasir atau lainnya.

Kandungan

Pada kopi espresso terdapat banyak kandungan. Diantaranya ada gula, kafein, protein, emulsi minyak kopi, dan koloid. Selain itu, espresso juga mengandung komponen yang disebut sebagai crema di mana tampilannya menyerupai busa berwarna keemasan apabila sudah diolah. Crema ini mengandung minyak, protein, bahkan gula.

Cara Penyajian

Espresso merupakan ekstrak dari biji kopi espresso di mana cara penyeduhannya menggunakan air panas di bawah tekanan yang tinggi. Apabila Anda menginginkan ekstrak kopi ini, semburkan air panas dengan temperatur mencapai 90oC dan kurang lebih 45 ml pada 7 sampai 9 gram bubuk kopi espresso. Dengan begitu, ekstrak kopi akan terlihat hitam legam dan diakhir dari pengekstrakan akan terlihat crema.

Jenis Olahan

Pada umumnya ekstrak kopi ini sering digunakan sebagai bahan dasar minuman kopi. Seiring dengan berkembangnya pengonsumsian kopi, espresso diolah menjadi berbagai varian menu. Baik itu dikonsumsi di cafe ataupun bisa Anda konsumsi di rumah. Ada yang dikonsumsi langsung ada juga yang ditambah dengan bahan lain. Berikut ini beberapa jenis olahan dari kopi espresso.

● Espresso Shot

Apabila Anda ingin mengonsumsi kopi espresso secara langsung, Anda bisa memesan espresso shot. Espresso shot ini hanya terdiri dari ekstrak kopi espresso dan air. Sedangkan shot merupakan sebutan untuk satuan minuman ekstrak espresso. Ada yang namanya satu shot. Maksudnya adalah ekstrak kopi espresso dicampur dengan air sebanyak 25 sampai 35 ml.

Ada juga yang disebut sebagai double shot atau biasa disebut sebagai doppio. Doppio ini merupakan ekstrak kopi yang dicampur dengan air sebanyak 45 sampai 60 ml. Selain itu, ada juga satuan triple shot di mana air yang dibutuhkan lebih banyak daripada sebelumnya.

● Cappucino

Olahan dari kopi espresso ini pasti tidak asing lagi bagi Anda. Bahkan apabila Anda melihat di televisi banyak perusahaan pembuat minuman cappucino dalam kemasan instan. Pada dasarnya minuman satu ini terdiri dari ekstrak espresso yang dicampur dengan steamed milk dan juga buih susu. Perbandingan dari komposisi ini semuanya rata dan seimbang.

Apabila Anda mengonsumsinya, Anda akan merasakan campuran dari kopi yang kuat dan tekstur lembut dari susu. Anda juga bisa menambahkan variasi sebagai pemanis seperti cokelat bubuk, kayu manis, ataupun tambahan gula palem di atas foam susu yang terlihat tebal.

● Latte

Minuman kopi espresso ini hampir sama dengan minuman kopi cappucino. Komposisinya juga sama yaitu ekstrak espresso, steamed milk dan buih susu. Hanya saja yang membedakannya, pada perbandingan dari komposisi tersebut.

Pada minuman latte ini perbandingan dari tiap komposisi tidak sama rata. Melainkan lebih banyak pada komposisi steamed milk. Sekalipun buih susunya juga banyak, namun tidak mengalahkan banyaknya komposisi steamed milk.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kopi espresso yang biasa Anda konsumsi baik di cafe maupun di rumah. Sekarang tinggal melihat kebutuhan Anda. Apakah menginginkan espresso asli atau campuran. Apakah menginginkan lebih menginginkan tambahan komposisi atau tidak.