Others

Lakukan Sevice Rutin di Bengkel Mobil Untuk 9 Komponen ini

Lakukan Sevice Rutin di Bengkel Mobil Untuk 9 Komponen ini

Mobil sebagai penunjang aktivitas sehari-hari,  tentunya perlu mendapatkan perawatan rutin agar kondisinya selalu terjaga.

Service komponen mobil ini harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Anda tidak boleh melewatkan jadwal perawatan yang telah ditentukan. Agar kondisi kendaraan selalu terjaga.

Kesibukan dan kemacetan kota, kadang membuat malas untuk datang ke bengkel. Oleh sebab itu anda harus menemukan bengkel di sekitar tempat tinggal atau tempat kerja. Sehingga anda tidak harus menggunakan waktu yang lama untuk merawat kendaraan.

9 komponen ini harus dirawat di Bengkel Mobil terdekat

  • Busi

Busi merupakan bagian kecil dari kendaraan bermotor. Walaupun kecil busi merupakan komponen penting dalam pengapian. Busi yang baik akan membuat pengapian berjalan lancar.

Lakukan perawatan rutin busi dengan rajin dibersihkan. Busi yang kotor tidak hanya membuat mesin susah dinyalakan tetapi juga boros bensin. Anda harus mengganti busi kendaraan setelah dua puluh ribu kilometer.

  • Oli

Oli pada kendaraan mobil yang harus mendapatkan perawatan rutin yaitu oli  mesin dan oli filter. Sebaiknya lakukan penggantian oli setelah seribu kilo meter pertama.  Sehingga pembakaran dapat sempurna.

Oli filter juga penting untuk selalu terjaga kebersihannya. Jika oli kotor maka kemampuan menyaring kotoran yang ikut terbawa bahan bakar akan menurun. Sehingga dapat merusak mesin mobil.

  • Aki

Aki sebagai sumber utama energi listrik bagi mobil anda listrik yang digunakan untuk menggerakkan berbagi komponen dalam mobil. Idealnya anda harus mengganti aki setahun sekali.

Pastikan juga air aki yang digunakan cukup. Jangan sampai kurang sehingga dapat menyebabkan mobil mogok. Lakukan perawatan aki secara rutin saat anda melakukan servis di Bengkel Mobil.

  • Filter udara

Komponen ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar jika selalu bersih dan terawat. Penggunaan bahan bakar akan efektif karena saringan udaranya berfungsi maksimal. Idealnya komponen ini harus dibersihkan setelah sepuluh ribu kilometer.

 Jika anda sering melewati jalan yang berdebu dan udara kotor sebaiknya lakukan perawatan lebih sering. Jika sudah mencapai empat puluh ribu kilometer sebaiknya lakukan penggantian filter udara mobil.

  • Kanvas rem

Rem merupakan komponen penting yang harus selalu dalam kondisi prima. Kanvas rem menjadi salah satu komponen yang harus dirawat secara rutin. Jika terdengar suara berderit saat rem diinjak, berarti kanvas rem sudah rusak.

Segera ganti kanvas rem anda agar sistem pengereman tidak terganggu. Jika dibiarkan akan sangat membahayakan. Anda harus yakin montir kendaraan memeriksa kondisi kanvas rem saat servis di Bengkel Mobil.

  • Kanvas kopling

Fungsi komponen yang satu ini adalah menyalurkan tenaga  mesin pada ban. Sehingga ban dapat berputar dengan baik sesuai arah dari setir mobil. Jalanan yang buruk membuat kanvas kopling cepat rusak.

Jika mobil anda sudah mengeluarkan bau yang khas saat  mobil menanjak, berarti kanvas sudah mulai rusak. Lakukan penggantian kanvas kopling tiap sepuluh ribu hingga lima puluh ribu kilometer pemakaian.

  • Filter AC

Iklim tropis menyediakan cahaya matahari sepanjang tahun. Membuat suhu udara di srkitar kita salalu panas. Pendingin udara menjadi komponen yang tidak pernah berhenti menyala dalam mobil.

Filter AC yang bersih menjamin udara dalam kabin bersih. Sehingga penting untuk selalu dijaga kebersihannya. Filter AC yang berfungsi menyaring udara ini harus rutin dirawat agar selalu bersih.

  • Lampu

Lampu menjadi sumber penerangan bagi mobil. Lampu mobil memiliki batas usia, sehingga harus mendapatkan  pemeriksaan rutin saat perawatan di Bengkel Mobil terdekat. Jika lampu sudah mulai redup maka harus segera diganti.

Jangan tunggu hingga lampu mobil anda mati karena akan sangat berbahaya jika terjadi saat anda dalam perjalanan. Pastikan lampu mobil anda selalu menyala sebagai mana mestinya agar aman.

  • Ban mobil

Ini adalah komponen paling bawah yang harus dirawat. Perhatikan tekanan angi yang ada di dalam ban. Perhatikan juga bentuk dan alur pada ban masih normal.  Jika sudah mulai tipis ganti ban anda dengan yang baru.

Perawatan mobil walaupun menyita waktu tetapi haruslah rutin dilakukan.  Dengan melakukan perawatan pada Bengkel Mobil di sekitar anda. Maka rutinitas sehari-hari tidak akan terganggu.