Others

Langkah Mudah Ganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel Ganti Oli

Langkah Mudah Ganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel Ganti Oli

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, kegiatan pemeliharaan mesin merupakan hal wajib dilakukan secara rutin untuk mempertahankan stabilitas dari kendaraan itu sendiri. Dimana kualitas performa sebuah kendaraan tergantung pada tingkat pemeliharaan yang dilakukan.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi pemilik sepeda motor saja, namun juga untuk mobil dan mode kendaraan lainnya. Seperti yang diketahu bersama, bahwa setiap 5.000 kilo meter jarak tempuh sebuah kendaraan, maka diwajibkan untuk segera melakukan pergantian oli sebagai langkah menjaga mesin tetap berdaya baik.

Sebenarnya, proses pergantian oli mesin ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, terkadang dengan minimnya ilmu pengetahuan dan juga tingkat kemalasan yang tinggi, membuat sang pemilik kendaraan memilih untuk mengganti oli mesinnya ke bengkel ganti oli. Dimana sebenarnya harga yang dibebankan lebih mahal dibandingkan dengan menggantinya sendiri. Hal itu terjadi karena adanya tambahan biaya servicenya.

Oli mesin sendiri memiliki banyak sekali jenis dan juga merek. Mulai dari yang biasa dengan harga ramah di kantong. Hingga oli dengan kualitas super dengan harga yang lumayan mahal. Belum lagi dengan biaya service yang dibebankan beserta tips untuk sang montir.

Untuk mengakali semua itu, berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengganti oli mesin kendaraan Anda secara mandiri yang bisa dilakukan dirumah. Tentunya tanpa perlu ribet lagi pergi ke bengkel ganti oli. Tapi untuk melakukannya diperlukan kehati-hatian ekstra, karena mengganti oli mobil tidak semudah mencuci mobil.

Siapkan Alat yang Akan Digunakan

Sebelum memulai kegiatan mengganti oli, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan nantinya. Alat yang dibutuhkan diantaranya adalah kunci pas untuk membuka baut disetiap penutup, dan juga baskom kosong untuk tempat oli bekasnya nanti. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan oli barunya untuk ganti oli mobil.

Sesuaikan Temperatur Mesin

Usahakan untuk mengatur temperatur mesin dengan tepat dan juga sesuai. Karena, jika temperatur mesin mobil Anda hangat atau terlalu panas, maka oli akan langsung tercampur dengan kotoran didalam mesin. Hal itu mengakibatkan oli baru akan mudah mengalir saat penutupnya dibuka.

Hal seperti ini memang kelihatannya sangatlah sepele. Namun, jika diabaikan akan merugikan Anda sendiri sehingga nantinya malah akan membuat Anda membawa mobil ke bengkel ganti oli.

Kemudian, Buka Cap Mesin Beserta Kenop Tempat Oli

Setelah mengatur temperatur suhu mesin mobil Anda, lanjutkan dengan membuka cap mobilnya. Carilah tempat pengisiannya. Lalu, buka kenop tempat olinya untuk mempermudah dan mempercepat proses pergantian olinya.

Buka Baut Untuk Menguras Oli

Langkah selanjutnya ini bisa dibilang sedikit rumit. Karena Anda harus membuka baut yang ada pada tempat olinya tersebut. Nah, yang membuatnya sulit adalah letak bautnya yang berada dibawah blok mesin mobil.

Untuk membukanya sendiri, dibutuhkan bantuan dari kunci pas. Itulah mengapa Anda perlu mempersiapkan kunci pas sebelum mulai mengganti oli mesin mobil Anda. Sebelum membukanya, jangan lupa untuk melepaskan terlebih dahulu ring atau gasketnya. Dan yang terpenting adalah jangan sampai lupa untuk meletakkan baskom kosong tadi dibawah baut tempat oli untuk menampung oli bekasnya.

Lepaskan Filter Oli

Cara selanjutnya cukup mudah dilakukan untuk mengganti oli mesin dari pada harus pergi ke bengkel ganti oli. Yaitu dengan melepaskan filter yang ada pada tempat oli tersebut. Tentunya dengan bantuan dari kunci pas juga.

Coba lihat juga apakah filter oli mobil Anda sudah kotor ataukah belum. Jika memang sudah kotor, gantilah sekalian agar tidak menimbulkan risiko dikemudian hari. Karena jika filter kotor, akan berpengaruh kepada oli yang ada didalamnya.

Lalu, Kuras Oli

Inilah tujuan dari dilakukannya langkah-langkah diatas. Yakni untuk menguras oli yang ada didalam mesin penyimpanan oli mobil Anda. Setelah oli terkuras, tutup lagi baut yang ada pada tempat ol tersebut. Jangan lupa juga untuk memasangkan kembali filter yang sudah Anda ambil saat akan mengganti olinya.  Langkah terakhir adalah dengan menuangkan kembali oli baru yang sudah disiapkan sebagai ganti oli murah.

Ternyata, mudah bukan proses mengganti oli mobil sendiri tanpa harus pergi ke bengkel ganti oli. Tentunya harus dengan cara-cara yang tepat dan juga sikap hati-hati karena proses mengganti oli tidak semudah teori yang sudah dituliskan diatas.