Kesehatan

Nyeri Pinggang Sebagai Ciri Umum Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Nyeri Pinggang Sebagai Ciri Umum Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Nyeri pinggang sebagai ciri umum sakit ginjal perlu anda waspadai. Karena tidak terlalu spesifik, terkadang banyak orang sering mengabaikan gejala dari sakit pinggang satu ini.

Sedangkan kita ketahui, ginjal adalah organ tubuh yang mempunyai peranan penting dengan fungsinya untuk menyaring kotoran serta racun dalam darah.

Yang selanjutnya kotoran serta racun akan dibuang bersamaan dengan urine. Penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan. Meskipun demikian, hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas harian anda.

Nyeri Pinggang Sebagai Ciri Umum Sakit Ginjal

Ginjal merupakan dua organ tubuh dengan ukuran kecil yang berbentuk seperti kacang. Organ ini terletak pada bagian bawah tulang rusuk, yakni tepatnya pada kedua sisi sumsum tulang belakang.

Ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh. Fungsi penting tersebut antara lain membersihkan air, asam, serta limbah darah yang akhirnya akan keluar dalam bentuk urine dan keringat.

Saat mengalami gangguan pada organ tubuh satu ini, maka akan menyebabkan fungsi yang juga terganggu. Hal ini akan berpengaruh terhadap fungsi organ tubuh lain, salah satunya metabolisme tubuh.

Sakit ginjal adalah suatu kondisi yang menimbulkan beberapa gejala. Timbulnya rasa sakit atau nyeri pada pinggang merupakan salah satu ciri umum dari gejala sakit ginjal.

Rasa nyeri ini pada umumnya terjadi pada pinggang bagian kanan atau kiri sesuai dengan ginjal yang mengalami gangguan. Namun, nyeri pinggang ciri umum sakit ginjal ini memiliki tanda yang perlu anda perhatikan.

Mengenal Nyeri Pinggang Sebagai Ciri Umum Sakit Ginjal

Saat ginjal mengalami masalah, salah satu gejalanya adalah sakit pinggang. Namun tidak semua kasus sakit pinggang langsung berhubungan dengan sakit ginjal.

Perlu anda ketahui, ginjal terletak pada perut bagian atas sebelah sisi kanan dan kiri tubuh. Hal ini berlawanan dengan otot punggung. Pada umumnya ciri umum sakit ginjal ini terletak pada punggung bagian bawah.

Tepatnya antara tulang rusuk terendah dengan pantat. Rasa sakit seringkali menyerang salah satu sisi tubuh.

Namun bukan tidak mungkin dapat terjadi pada kedua sisinya. Nyeri pinggang ini juga sering muncul pada bagian bawah panggul, selangkangan, atau bahkan daerah perut.

Salah satu cara mengenali nyeri pinggang sebagai ciri umum sakit ginjal adalah rasa nyeri yang tidak akan hilang meski anda telah mengubah posisi.

Sakit pinggang yang disebabkan oleh ginjal yang bermasalah akan semakin nyeri jika dilakukan pemijatan. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh timbulnya endapan kristal dalam ginjal.

Apabila gangguan ini tidak segera memperoleh penanganan, justru akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan suatu kondisi parah yang memerlukan penanganan dengan segera.

Terjadinya penyakit batu ginjal disebabkan oleh beberapa faktor. Yang antara lain sering mengkonsumsi makanan instan, makanan berpengawet, serta zat tambahan yang berbahaya bagi tubuh. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit ginjal.

Penanganan Nyeri Pinggang Sebagai Gejala Sakit Ginjal

Jika gejala sakit ginjal yang menimpa dibiarkan begitu saja, justru akan memperburuk kondisi ginjal yang disebabkan semakin menurunnya fungsi dari organ tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami ciri umum sakit ginjal.

Terutama jika anda memiliki jenis penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi, sebaiknya anda lebih sering untuk memeriksakan ginjal anda. Hal ini bertujuan untuk memperoleh perawatan sedini mungkin serta mencegah resiko komplikasi dari penyakit ginjal.

Nyeri pinggang sebagai ciri umum sakit ginjal perlu anda waspadai. Segera konsultasikan dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Agar dapat menghindari sesuatu hal buruk yang mungkin terjadi.