Others

Perbedaan Antara Data, Informasi Pengetahuan? Mengapa Berbeda? Ini Jawabannya!

Perbedaan Antara Data, Informasi Pengetahuan? Mengapa Berbeda? Ini Jawabannya!

Kesulitan dalam membedakan antara data, informasi pengetahuan? Anda dapat mengetahui seluruh perbedaannya dengan membaca ulasan lebih lengkapnya di sini.

Berbicara tentang data tidak dapat dilepaskan dengan informasi. Hal yang sama berlaku untuk anda yang tengah belajar filsafat dan membahas tentang pengetahuan. Bila dilihat secara sekilas, data, informasi pengetahuan memiliki kemiripan satu dengan lain. Namun ternyata, ketiganya berbeda dan memiliki makna tersendiri. Penasaran dengan apa perbedaan diantara ketiganya? Penjelasan terkait makna dan perbedaan ketiganya, akan disampaikan di sini.

 

Mengenal Data, Informasi Pengetahuan

Dalam pembelajaran sering kali disebutkan tentang data, informasi hingga pengetahuan. Seluruhnya dapat dijadikan satu kesatuan, walaupun memiliki makna masing-masing. Data adalah sesuatu yang belum memiliki makna bagi penerimanya. Bentuknya beragam, seperti angka, bahasa, simbol hingga huruf. Berbeda dengan data, informasi merupakan sekumpulan fakta yang telah diorganisasi.

Fakta-fakta tersebut telah diolah sehingga memiliki makna bagi si penerima. Informasi diolah melalui data berupa huruf ataupun angka dengan metode tertentu. Sementara pengetahuan adalah informasi yang dipahami oleh seseorang. Pengetahuan tidak dibatasi oleh deskripsi, konsep ataupun teori. Karena pengetahuan muncul ketika individu menggunakan akalnya untuk mengenali sesuatu.

Perbedaan Informasi, Pengetahuan dan Data

Membaca sekilas dar makna ketiganya dapat diketahui secara jelas perbedaan masing-masing. Namun untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

    1. Bentuk

Perbedaan utama dari ketiganya nampak pada bentuk. Bentuk data dapat berupa huruf ataupun simbol. Sementara informasi menyediakan sajian berupa kalimat ataupun rumus. Ketika telah menjadi pengetahuan, dapat disampaikan melalui konsep ataupun teori. Dari pemahaman ini, anda tidak lagi boleh mengatakan bahwa ketiganya adalah hal yang sama.

    1. Nyata dan Tidak

Perbedaan berikutnya adalah nyata dan tidak. Data memiliki wujud nyata didalam dunia. Sama halnya dengan informasi yang merupakan kumpulan data. Sementara pengetahuan, tidak nyata. Tidak nyata dalam hal ini, hanya ada didalam diri si penerima. Kemudian menjadi nyata, jika pengetahuan tersebut diterapkan dalam tulisan ataupun penyampaian ke khalayak ramai.

    1. Proses

Proses mendapatkan data adalah proses yang mudah. Anda dapat menemukannya melalui berbagai cara. Sebut saja dimulai dari internet ataupun buku, yang kemudian dikelompokkan menjadi satu tema. Kemudian disebut sebagai informasi, namun untuk mendapatkan pengetahuan seluruhnya perlu disusun sedemikian rupa.

    1. Perubahan

Perbedaan terakhir adalah perubahan yang terjadi ketiganya. Pada data yang berupa simbol dan angka, dirubah menjadi informasi. Informasi inilah yang kemudian disusun dan memiliki makna. Sementara pengetahuan dapat tercipta karena adanya evaluasi hingga penyusunan dan diterapkan, sehingga dapat mendukung keputusan atau memahami konsep.

Mana bagian yang anda tidak pahami? Jika demikian, maka proses pemahaman harus dilakukan secara lebih. Hal ini berkaitan dengan informasi pengetahuan, di mana penjelasan di atas hanyalah informasi. Kemudian dipahami dan dapat dijadikan pengetahuan. Tambahkan dengan materi lainnya, sehingga dapat memahami materi secara komprehensif.