Others

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Makanan Kucing Hamil

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Makanan Kucing Hamil

Memberi makan hewan kucing peliharaan memang harus pilah dan pilih. Terlebih lagi hewan kucing peliharaan tersebut sedang hamil. Anda harus berhati-hati dalam memberikan asupan nutrisinya. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memberi makanan kucing hamil.

1. Jenis Makanan

Makanan kucing sebenarnya ada berbagai macam jenis yang bisa Anda berikan. Entah itu makanan basah maupun makanan kering. Selama kebersihan masih bisa terjaga, makanan basah dan makanan kering ini bisa Anda berikan kepada kucing yang sedang hamil. Namun, Anda jangan lupa mengenai proses kehamilannya.

Apabila Anda mengerti bahwasannya kucing sedang hamil saat awal kehamilannya, perhatikan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Termasuk makanan yang kaya lemak agar kucing bisa memproduksi susu untuk anak-anaknya nanti.

2. Makanan Favorit

Selain Anda memberikan berbagai macam jenis makanan kucing terutama untuk kucing hamil, jangan lupakan makanan favorit kucing. Pasalnya, kucing yang sedang hamil biasanya juga mengalami sick morning.

Terkadang juga mengalami penurunan nafsu makan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan makanan favoritnya sebagai variasi dari menu makanan yang Anda sajikan. Siapa tahu dengan ditambahkannya makanan favorit kucing, nafsu makan bisa kembali lagi.

3. Frekuensi Pemberian Makanan

Apabila Anda sudah mengetahui kalau kucing kesayangan Anda sedang hamil, perhatikan frekuensi pemberian makanan. Anda bisa menambahkan jumlah atau frekuensi pemberian makanan. Pasalnya, kucing sedang hamil pun membutuhkan asupan nutrisi yang banyak untuk kebutuhan janin yang dikandung. Begitu juga nanti kalau kucing sudah melahirkan anak-anaknya.

4. Banyaknya Makanan

Pada saat Anda mengetahui bahwasanya kucing kesayangan sedang hamil, Anda harus sudah siap-siap memberikan asupan gizi yang mencukupi. Biasanya banyaknya makanan kucing lebih banyak daripada biasanya, daripada saat kucing tidak sedang hamil. Hal ini tentu saja dikarenakan induk kucing juga harus memberikan asupan gizi kepada janinnya.

5. Kebersihan Lingkungan

Sebelum Anda memberikan makanan kucing hamil, perhatikan mengenai kebersihan lingkungannya. Termasuk lingkungan dari tempat makan kucing itu sendiri. Jangan sampai ada kerumunan semut atau hewan lain yang mengerumuni tempat makanan jika kucing sudah selesai makan. Apabila Anda menemui hewan-hewan lain pada tempat makanan kucing, cuci bersih dan segera keringkan sebelum akhirnya Anda memberikan makanan kucing.

Kebersihan lingkungan berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah tempat buang kotorannya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena kesehatan kucing yang sedang hamil pun harus tetap dijaga. Jangan sampai ada berbagai parasit yang membahayakan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan makanan kucing hamil. Perhatikan terus perkembangan, kesehatan, dan makanan yang Anda berikan kepada kucing kesayangan. Jangan lupa juga perhatikan berat badan dengan cara selalu menimbangnya di toko hewan terdekat setidaknya sebulan sekali.