Kesehatan

Simak Ulasan Seputar Anatomi Ginjal dan Fungsinya dalam Mencuci Darah

Anatomi Ginjal

Tubuh manusia tersusun atau beberapa rangkaian organ yang saling berhubungan satu sama lainnya. Dari beberapa organ tersebut, ginjal merupakan salah satu organ yang besar dan vital. Manusia memiliki dua buah ginjal yaitu di bagian kiri dan kanan pada perut bagian bawah belakang. Letaknya berada di dalam pinggang sebelah belakang sehingga jika ada rasa nyeri di bagian tersebut, penyakit ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ginjal memungkinkan manusia untuk dapat hidup aktif dengan metabolisme yang lancar karena darah yang mengalir tetap bersih dengan kandungan oksigen yang kaya. Apa sih sebenarnya fungsi ginjal dan bagaimana cara ginjal melakukannya? Berikut ini uraian mengenai ginjal dan fungsinya untuk pengetahuan anatomi tubuh manusia dan fungsinya.

Di dalam ginjal terdapat berjuta nefron kecil yang memiliki fungsi untuk mencuci darah. Pasti Anda sering mendengar istilah pasien cuci darah dimana darah di dalam tubuhnya dicuci menggunakan alat bantu medis sebagai pengganti ginjal karena ginjalnya mengalami kerusakan. Darah manusia yang mengalir dari organ satu ke organ lainnya, lama-lama akan kotor karena limbah di dalam tubuh. Jika tak dicuci secara rutin, limbah tersebut akan berubah menjadi racun yang lama kelamaan akan menggagalkan fungsi organ lain di dalam tubuh. Karena itu bagi orang yang memiliki kerusakan ginjal hingga tak dapat melakukan fungsinya sebagai pencuci darah, harus mencuci darah secara medis agar dapat bertahan hidup.

Secara garis besar, berikut ini adalah bagian-bagian ginjal yang memiliki fungsinya masing-masing:

  • Korteks ginjal, merupakan bagian paling luar yang melindungi bagian ginjal di dalamnya.
  • Medula ginjal merupakan bagian tengah ginjal yang di dalamnya terdapat tubulus dan nefron.
  • Pelvis ginjal, merupakan bagian paling dalam yang berbentuk corong untuk menghubungkan ginjal dengan kandung kemih.

Secara lebih detail, berikut ini adalah fungsi-fungsi yang dapat dilakukan oleh sepasang ginjal Anda:

  • Menyaring dan membuang limbah dari darah.

Di dalam darah manusia lama-lama akan terkandung kelebihan garam, limbah serta urea yang harus dikeluarkan dari tubuh. Ginjal melalui nefronnya melakukan pencucian tersebut hingga terbentuk urine yang merupakan kotoran untuk dibuang melalui saluran kemih.

  • Mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Ginjal juga memiliki fungsi untuk mengatur cairan di dalam tubuh. Ginjal memastikan semua organ mendapatkan aliran cairan sesuai kebutuhannya. Ginjal yang akan mengatur kelebihan cairan untuk dibuang melalui kandung kemih atau menyimpan air saat tubuh mengalami dehidrasi.

  • Mengeluarkan hormon.

Ginjal juga memiliki fungsi sebagai pembentuk hormon eritropoietin yang berfungsi untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Produksi hormon ini dipacu oleh kondisi tubuh yang kekurangan oksigen sehingga sel darah merah dibentuk untuk bisa mengikat oksigen lebih banyak dan menyalurkannya ke seluruh organ tubuh.

  • Mengatur kadar garam dan tekanan darah.

Kadar garam di dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan tekanan darah. Selain dapat memproduksi hormon, ginjal juga dapat memproduksi enzim rennin yang berfungsi untuk mengatur kadar darah dan menjaga tekanan darah manusia.

Untuk melindungi ginjal dan fungsinya, lakukan pola hidup sehat dengan minum air putih secukupnya setiap hari. Selain itu hindari menumpuk racun di dalam tubuh seperti memiliki kebiasaan merokok, minum minuman keras, menggunakan obat dalam jangka waktu panjang serta memiliki obesitas. Meski tubuh memiliki dua buah ginjal, namun jika salah satu diantaranya rusak, Anda akan memiliki keterbatasan untuk melakukan aktivitas apalagi jika keduanya mengalami kerusakan.