Lifestyle

Standar Makanan Sehat Anak Menurut Sahabat Nestle

Standar Makanan Sehat Anak Menurut Sahabat Nestle

Setiap saat, Anda harus memastikan makanan sehat untuk anak. semua ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Makanan yang sehat juga akan menghindarkan diri dari bibit penyakit. Terlebih lagi, usia anak-anak sangat perlu makanan sehat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Menurut Sahabat Nestle, inilah standar makanan sehat yang harus dipenuhi.

  1. Makanan Higienis

Pola hidup sehat juga termasuk makanan yang dikonsumsi. Anda harus tetap memperhatikannya, terlebih untuk buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tubuhnya juga memerlukan asupan higienis untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tak mudah lelah dan sakit.

Jadi, pemberian makanan higienis sangat diperlukan yang tak lain sudah menjadi standar makanan sehat. Untuk itu, pilihlah bahan makanan yang masih segar dan masih utuh. Pastikan Anda mencuci semua bahan makanan yang akan diolah sampai bersih menggunakan air mengalir. Gunakan peralatan masak yang bersih. Masaklah sampai benar-benar matang agar kuman mati.

  1. Menu Bergizi Seimbang

Asupan nutrisi anak juga tak boleh diabaikan atau dianggap remeh. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil sesuai dengan usianya. Dalam setiap menu makanan si kecil, usahakan selalu mengandung gizi seimbang. Artinya, Anda harus memberikan nutrisi lengkap dalam porsi yang sesuai untuk si kecil.

Penuhilah kebutuhan karbohidrat sebagai sumber energi, sayuran yang mengandung zat besi dan vitamin, lauk pauk yang mengandung protein, buah yang mengandung vitamin juga mineral, dan susu dua kali sehari yang sesuai dengan usia anak. Dengan asupan nutrisi seimbang ini, Anda akan menjamin tumbuh kembang si kecil.

  1. Makanan Berserat

Jangan lupa memperhatikan kesehatan pencernaan si kecil. Berikan makanan yang mengandung serat untuknya setiap kali makan. Hal ini sangat penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Proses BAB si kecil juga lancar dan menghindari sembelit. Makanan berserat juga mengurangi kemungkinan obesitas. Itulah mengapa makanan berserat adalah standar makanan sehat.

Pilihan makanan berserat tersebut adalah sayur, buah, kacang-kacangan, roti gandum utuh, dan sereal gandum. Anda bisa memasukkan sayur dan buah setiap kali makan. Untuk kacang atau roti bisa dijadikan camilan sehat untuk anak dalam porsi yang cukup. Sereal gandum bisa dijadikan variasi menu untuk sarapan.

  1. Makanan Berprotein

Protein sangat diperlukan anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Terpenuhinya asupan protein juga mendukung kelancaran sistem kerja organ tubuh. Itulah mengapa makanan sehat untuk anak harus mengandung protein agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Makanan berprotein dapat dipenuhi lewat sumber protein nabati dan hewani. Sumber protein nabati di antaranya kacang-kacangan, biji, tahu, tempe, kedelai, gandum, dan oat. Sumber protein hewani seperti susu, ikan, telur, daging merah, daging ayam, dan produk olahan lainnya yaitu yoghurt dan keju.

  1. Makanan Mengandung Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral juga harus dipenuhi setiap kali makan. Terpenuhinya nutrisi ini akan menunjang kesehatan tubuh dan melancarkan sistem kerja organ. Sumber vitamin dan mineral ini adalah sayur, kacang-kacangan, olahan kedelai (tahu, tempe, oncom), buah-buahan, dan susu.

  1. Non Kolesterol

Standar makanan sehat yang terakhir adalah non kolesterol. Jangan sampai memberikan makanan mengandung lemak berlebih kepada si kecil. Makanan berminyak juga harus dikurangi. Semua itu dapat menyebabkan obesitas pada anak dan tidak lancarnya sirkulasi darah. Sistem pencernaan juga menjadi tidak sehat. Makanan berminyak juga menyebabkan batuk atau radang tenggorokan.

Perlu diketahui bahwa makanan sehat bukan berarti harus mahal. Perhatikan saja setiap poin standarnya di atas. Jika makanannya memenuhi standar di atas, maka sudah menjadi makanan sehat. Variasikan saja menunya agar anak tidak bosan. Sahabat Nestle juga menyediakan aneka resep masakan sehat yang bisa diaplikasikan. Jadi, jangan bosan ajak anak makan sehat.