Gadget

Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk Komputer

Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk Komputer

VGA (Video Graphics Array) atau yang juga dikenal dengan kartu grafis merupakan komponen yang terdapat di komputer maupun laptop yang berfungsi untuk menghasilkan kualitas gambar dan video yang bagus. Jika kartu VGA bagus, maka kualitas gambar dan video yang ditampilkan pada layar monitor dipastikan akan lebih bagus dan jernih sehingga pengalaman bermain game maupun menonton film menjadi lebih puas.

Tips Mudah Memilih VGA Untuk PC

Saat ini terdapat banyak pilihan tipe dan merek kartu grafis yang tertanam pada PC mulai dari NVIDIA, Intel, dan AMD dengan kualitas yang berbeda-beda karena masing-masing merek sendiri juga memiliki banyak jenis kartu grafis. Maka dari itu berikut akan dibahas tips memilih VGA yang tepat untuk anda.

  1. Periksa Kompatibel pada PC

Setiap motherboard yang digunakan pada PC memiliki dukungan VGA yang berbeda sehingga periksa apakah motherboard pada komputer anda mendukung kartu grafis yang akan dibeli sehingga dapat digunakan pada komputer anda. Selain itu, pastikan layar monitor mendukung resolusi tinggi yang sesuai dengan kualitas yang dihasilkan oleh VGA sehingga akan menghasilkan kualitas layar yang jernih dan tajam.

  1. Perhatikan kecepatan GPU

GPU bertugas untuk mengelola data grafis seperti memproses render gambar yang akan ditampilkan pada layar monitor sehingga kartu grafis yang dipilih harus memiliki kecepatan GPU Clock Speed yang tinggi karena semakin tinggi kecepatan GPU Clock Speed, maka proses render juga akan berjalan lebih cepat dan kualitas grafis akan meningkat.

  1. Perhatikan jumlah core GPU

Semakin banyak jumlah core pada GPU kartu grafis maka semakin cepat proses komputasi yang bisa dilaksanakan. Misalnya sebuah GPU memiliki 6 core akan lebih cepat menyelesaikan 3 tugas karena 1 tugas akan dikerjakan oleh 2 core sedangkan GPU yang memiliki 3 core akan lebih lambat menyelesaikan 3 tugas karena hanya terdapat 1 core yang mengerjakan 1 tugas.

  1. Perhatikan tipe memori dan bandwith

Tipe memori yang biasanya digunakan yaitu GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, dan GDDR5X. Jika tipe memori yang digunakan semakin tinggi maka kemampuan kartu grafis yang digunakan otomatis akan semakin baik.

  1. Perhatikan nilai TDP

TDP (Thermal Design Power) adalah nilai panas yang dihasilkan oleh kartu grafis ketika GPU melakukan proses mengelola data. Pilihlah nilai TDP yang kecil sehingga kartu grafis tidak overheat dan mengeluarkan suara berisik saat melakukan proses render.

  1. Lihat spesifikasi pada software

Setiap software memiliki ketentuan dan syarat minimal kartu grafis yang bisa digunakan untuk menjalankan software apalagi memang anda menginginkan aplikasi pilihan anda berjalan dengan lancar. Salah memilih kartu grafis malah membuat software yang akan dijalankan tidak bisa berfungsi dengan baik.

  1. Pilih sesuai kebutuhan dan budget

Jika anda menginginkan pengalaman bermain game berat tanpa lag dengan kualitas gambar yang baik, anda bisa memilih merk VGA terbaik namun memiliki harga yang mahal. Untuk penggunaan sehari-hari tanpa pemakaian yang berat, kartu grafis standar sudah cukup.

VGA NVIDIA GeForce memiliki FPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan VGA AMD Radeon sehingga lebih cocok untuk bermain game berat dengan resolusi tinggi. Selain itu juga tingkat kestabilan pada game ultra HD juga lebih baik sehingga game tidak lag. VGA AMD Radeon menghasilkan warna yang lebih jernih dan tajam sehingga tampilan yang diberikan lebih baik. Harga AMD Radeon juga lebih murah.